Jumat, 19 Agustus 2011

Sejarah gereja dunia


SEJARAH GEREJA
 DUNIA
.
PERIODE GEREJA -GEREJA
LOVELESS CHURCH (31-100 M)
    Diawali ketika Yesus naik ke sorga sampai kematian Rasul Terakhir (Yohanes) .
    Ajaran Gnosticisme berkembang
PERSECUTED CHURCH (100-313 M)
    Umat Tuhan mengalami penganiayaan yang hebat.
WORLDLY CHURCH (313-538 M)
    Pada periode ini Kaisar Konstantin menjadi Kristen.
PERIODE GEREJA-GEREJA
PAGANIZED/PERSECUTING CHURCH (538-1517)
    Gereja melakukan penganiayaan terhadap UmatNya.
     Dimulai pada saat Paus berkuasa dan diakhiri pada saat Marthin Luther muncul.
LIFELESS CHURCH (1517-1798 M)
      Pada akhir periode ini Paus ditangkap.
MISSIONARY CHURCH (1798-1844 M)
       Gereja mulai menyebar ke seluruh dunia. Penginjilan sangat gencar.
JUDGED CHURCH (1844-YESUS DATANG KEDUA KALI)
         Muncul Gereja MAHK
         jemaat yang sisa/Laodekia
         akhir zaman
     
   
GEREJA MULA-MULA
Periode pendirian adalah periode pertama dalam sejarah gereja mula-mula dan merupakan suatu gerakan baru yang telah diramalkan dan berpusat pada pribadi Kristus Yesus.
Dalam waktu sekitar 4 tahun dari Kristus wafat sampai penyiksaan terhadap Stefanus, gereja telah menjadi satu badan istimewa/organisasi.
Hari lahir gereja adalah Pentakosta terdiri dari  Kesebelas Rasul plus Matias, Maria ibu Yesus, saudara-saudaranya, beberapa orang wanita, semuanya berjumlah 120 orang. (Kis  2:5-13)
Pemimpin Gereja adalah Petrus, Yohanes, Stefanus.  Pertemuan mereka adalah di rumah-rumah pribadi.
Pusat gereja adalah di Yerusalem
Sistem kepemimpinan gereja sangat ketat dan semua Rasul pada saat itu dipandang sebagai Pemimpin gereja karena mereka berkhotbah dan mengajar tentang Injil/Kristus.
Pada umumnya sistim pemerintahan di dalam gereja adalah demokratis
PERIODE TRANSISI
Masa ini adalah peralihan dari penganiayaan hebat kepada Stefanus dan orang-orang Kristen lainnya sampai bertobatnya Saulus yang menjadi Rasul Paulus.
Gereja bukan Yahudi dan misi Paulus dijalankan.
Jemaat Anthiokhia yang pertama dari kalangan kafir.
Semula gereja dianiaya, dihambat dan secara sistematis berusaha dihancurkan sampai tahun 250. Saat itu Negara mengambil inisiatif untuk secara sistematis memusnahkan agama Kristen. Dalam hal ini kaisar Decius (250) dan kaisar Diocletianus (300) adalah para tokoh yang sangat membenci agama Kristen.
Tetapi keadaan berubah sejak kaisar Konstantinus Agung (312-337) dengan mengeluarkan edit Milano (313). Sikap Konstantinus berubah ketika sebelum melakukan pertempuran untuk merebut takhta di Roma (312) ia melihat sinar terang dalam bentuk salib di langit, disertai perkataan: “dengan tanda ini engkau akan menang”.
Pada
538 T.M Kaisar Justin menyatakan Uskup Roma menjadi
Kepala gereja, kebenaran dan korektor yang
berpengaruh terhadap para bidaah.
KAISAR KONSTANTINE SEKALIGUS SEBAGAI PEMIMPIN POLITIK MEMBUAT UNDANG-UNDANG BAHWA HARI MINGGU ADALAH HARI RAYA RESMI.  DAN PADA TAHUN 381 TM DI IBU KOTA KONSTANTINOPEL KONSTANTINE MENGGANTIKAN SECARA RESMI HARI SABAT KEPADA HARI MINGGU SEBAGAI HARI ISTIRAHAT.
KAISAR-KAISAR ROMAWI
ABAD PERTAMA
KAISAR-KAISAR ROMAWI
ABAD PERTAMA
1.Penganiayaan, perang suci, kaum Huguenots, Waldense,
      dan Albigense,
2.Tiga puluh tahun Peperangan,
3.alat
      penyiksa,
4. sel bawah tanah,
Meninggal:  18 Februari 1546 (umur 62)
Eisleben, Kekaisaran Romawi Suci
Pekerjaan Teolog: Pendeta
Agama :  Lutheran
(
sebeumnya Katolik Roma)
Pasangan Katharina von Bora
Anak:  Hans ,Elizabeth,
Magdalena ,Martin, Paul
Margarethe((br))Rebekah Kerabat:  Hans Luther
Margarethe Luther (née Lindemann)
MARTIN LUTHER
Martin Luther lahir tanggal 10 Nopember 1483 dan dibesarkan dalam suatu keluarga yang setia kepada gereja Roma Katolik. Umur 21 tahun, Luther memutuskan studinya dan menjadi seorang rahib. Pada tahun 1505 ia masuk biara yang paling keras aturannya, yaitu biara ordo Agustin. Tahun 1507 ia ditahbiskan menjadi seorang Imam. Tahun 1510 ia dikirim ke Roma untuk mengurus perkara bagi ordo Agustin. Setelah itu dua tahun kemudian dia memperoleh gelar doctor dalam bidang Alkitab. Luther seorang rahib yang sangat serius, tetapi ia gelisah soal keselamatannya: “bagaimanakah aku bisa mendapat rahmat Allah”.
Reformasi Protestan berawal pada 31 Oktober 1517, di Wittenberg, Saxonia, tatkala Martin Luther memakukan 95 Tesis mengenai Kuasa dan Efikasi Indulgensi pada daun pintu Gereja Semua Orang Kudus (yang berfungsi sebagai papan-pengumuman universitas di masa itu)
Sekitar  tahun 1514, Luther menemukan jalan keluar dari kesusahannya itu yaitu  ketika ia membaca Rom. 1:16-17. Saat itu ia merasa firman Tuhan yang  dibacanya itu membebaskan seluruh bebannya. Ia menemukan pencerahan,  bahwa manusia hanya dapat beriman, bahwa Allah tidak menuntut tetapi Ia  memberi anugerah.
DARI THN 538 – 1798 TM PENGANIAYAAN TERHADAP ORANG KRISTEN BERLANGSUNG.  50 JUTA MATI TERBUNUH.
PERIODE LAODEKIA/GEREJA YANG DIHAKIMI/AKHIR ZAMAN
WILLIAM MILLER  (ANTARA TAHUN 1831-1844)
    - seorang pengkhotbah awam dari Gereja Baptis dan mantan kapten angkatan laut dalam Perang tahun 1812 - melontarkan "kebangunan kedatangan kedua kali yang besar" yang akhirnya tersebar ke hampir seluruh dunia Kristen. Berdasar pada penyelidikannya tentang nubuat dalam Daniel 8:14, Miller memperhitungkan bahwa Yesus akan datang kembali  ke dunia ini pada tanggal 22 Oktober 1844. Ketika Yesus tidak tampak di  awan-awan pada tanggal tersebut, para pengikut Miller mengalami apa  yang disebut dengan "Kekecewaan Besar."
Kelompok kecil "orang-orang yang menunggu kedatangan Yesus" ini mulai bertumbuh terutama di negara bagian New England, Amerika Serikat,  dimana pergerakan Miller telah dimulai. Dari kelompok kecil ini, yang  menolak untuk menyerah sesudah "Kekecewaan Besar" muncul beberapa  pemimpin yang mendirikan dasar dari apa yang kemudian dikenal dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
Dipelopori oleh Hiram Edson, James S. White dan istrinya Ellen G. White, Joseph Bates dan J. N. Andrews.  Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh secara historis berasal dari  pergerakan Miller yang bersifat antar-denominasi pada tahun 1840-an.
Ellen Harmon diberikan
penglihatan yang pertama segera setelah Kekecewaan
Besar bulan Desember, 1844.
Ellen G. White, seorang yang masih sangat muda pada waktu terjadinya "Kekecewaan Besar," bertumbuh menjadi seorang penulis, pembicara dan administrator yang berbakat, yang menjadi seorang penasihat rohani bagi Gereja Advent selama tujuh puluh tahun sampai kematiannya pada tahun 1915.  Orang Advent yang mula-mula percaya seperti yang dimiliki orang Advent  sekarang ini bahwa Ellen G. White menerima tuntunan khusus Tuhan  sementara dia menulis nasihat-nasihatnya untuk perkumpulan orang percaya  yang sedang bertumbuh itu.
GEREJA MAHK DIRESMIKAN
Pada tahun 1860, di Battle Creek, Michigan, perkumpulan yang tidak terikat dari orang-orang yang menunggu kedatangan Yesus ini memilih nama Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh  dan pada tanggal 21 Mei 1863 secara resmi mengorganisasikan perkumpulan  mereka menjadi sebuah organisasi Gereja dengan 3.500 anggota
PERKEMBANGAN GEREJA MAHK
Pada  mulanya, pekerjaan ini sebagian besar terbatas hanya untuk wilayah Amerika Utara sampai tahun 1874 hingga misionari Gereja Advent yang pertama, J.N. Andrews, diutus ke Swiss. Kemudian Afrika dengan segera dimasuki pada tahun 1879 ketika Dr. H.P. Ribton, yang baru saja bertobat di Italia, berpindah ke Mesir dan membuka sekolah, tetapi proyek itu berakhir ketika kerusuhan terjadi di sekitar mereka.
Kuburan Ny.White dan James White
6 Agustus 1881, James, suami Ellen meninggal di
Battle Creek, Michigan.
Kehidupan dan pekerjaan Ellen Gould White selesai
pada tanggal 16 Juli 1915.
Dia meninggal pada umur 87 tahun.
Dia dimakamkan dekat makam suaminya di Oak Hill
Cemetery di Batte Creek, Michigan.
ROH NUBUAT/NY. E. WHITE
NY. WHITE MENDAPAT 2000 KHAYAL SELAMA 70 TAHUN HIDUPNYA DARI THN 1844-1915.
MENULIS LEBIHH DARI 80 BUKU
200 TRAKTAT DAN PAMFLET
4600 ARTIKEL DI MAJALAH
60.000 KHOTBAH, CATATAN HARIAN, TESTIMONIES, LETTERS,
Negara bukan Kristen Protestan pertama yang dimasuki adalah Rusia, saat seorang pendeta Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh pergi pada tahun 1886. Pada tanggal 20 Oktober 1890, sebuah kapal bernama Pitcairn diluncurkan dari galangan kapal di San Fransisco dan segera digunakan membawa beberapa misionari ke Kepulauan Pasifik. Para pekerja Masehi Advent Hari Ketujuh pertama kali memasuki negara-negara bukan Kristen pada tahun 1894 - Ghana, Afrika Barat, dan Matabeleland, Afrika Selatan. Pada tahun yang sama pekerja-pekerja misionari memasuki Amerika Selatan, dan pada tahun 1896 sudah ada perwakilan di Jepang. Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh sekarang ini telah mendirikan pekerjaannya di 209 negara.
Pencetakan dan penyebaran buku-buku adalah faktor utama dalam pertumbuhan pergerakan Advent. Majalah The Advent Review and Sabbath Herald (sekarang The Adventist Review), surat kabar gereja secara umum, diluncurkan di Paris, Maine, pada tahun 1850; majalah Youth's Instructor di Rochester, New York, pada tahun 1852; dan majalah Sign of the Times, di Oakland, California, pada tahun 1874. Percetakan pertama milik organisasi di Battle Creek, Michigan]], mulai beroperasi pada tahun 1855 dan telah menjadi Yayasan berbadan hukum sebagaimana mestinya pada tahun 1861 di bawah nama Asosiasi Percetakan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (Seventh-day Adventist Publishing Association).
Lembaga Pembaruan Kesehatan, kemudian dikenal dengan Battle Creek Sanitarium,  membuka pintunya pada tahun 1866, dan pekerjaan misi bagi masyarakat  untuk lingkup negara bagian dibentuk pada tahun 1870. Jaringan sekolah  Gereja sedunia yang pertama didirikan pada tahun 1872, dan pada tahun  1877 diusahakanlah pembentukan asosiasi Sekolah Sabat untuk lingkup negara bagian. Pada tahun 1903, Kantor Pusat Organisasi dipindahkan dari Battle Creek, Michigan, ke Washington, D.C., dan pada tahun 1989 berpindah ke Silver Spring, Maryland.
GEREJA ADVENT
1.Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
2.Gerakan Advent Hari Ketujuh Pembaharuan
3.Persekutuan Advent Hari Ketujuh Davidian
4.Advent Christian Church

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KHOTBAH DAN ARTIKEL POPULER